Batik Pekalongan, Salah satu Cikal Bakal Batik Indonesia

Batik Pekalongan, Salah satu Cikal Bakal Batik Indonesia

batik pekalongan jlamprang

Menurut Kamus besar bahasa Indonesai (kbbi) terjemahan bebasnya versi admin, Batik adalah Kain yang digambar atau dilukis dengan cara proses tertentu sehingga hasil kain bergambarnya kemudian dijadikan bahan dasar prodak fashion seperti seragam batik, Kebaya batik hingga Kemeja batik. Proses batik awal-awal tentu secara manual seperti dilukis langsung menggunakan alat canting (Ya, mirip spidol atau pulpen cara kerjanya namun versi klasik) kemudian diwarna secara alami juga.

Canting sumber; jnjbatik.com

Namun seiring perkembangan jaman batik kini bisa dilakukan secara automatis dengan cara teknik printing dan desain dengan layout komputer sehingga pekerjaan lebih praktis dan cepat. Namun batik yang dibuat secara manual tentu tidak ditinggalkan sampai sekarang, Justru menjadi sebuah ikon kebudayaan asli Indonesia. Di beberapa daerah Indonesia salah satunya seperti di pekalongan masih menyediakan prodak batik tulis asli dan wisata batik tulis.

Batik menjadi unik atau budaya khas Indonesia yang telah di akui UNESCO, Kenapa? Karena batik erat banget dengan sejarah Indonesia kemudian pola batik Indonesia setiap daerah pun memiliki ke khas-an masing-masing yang dipengaruhi sejarah daerah itu sendiri. Sehingga Batik Bernuansa budaya Indonesia yang khas banget. Contohnya Batik Pekalongan. Batik pekalongan adalah salah satu batik Indonesia yang memiliki kekayaan warna dan pola yang beraneka ragam.

Batik Pekalongan memiliki kekayaan warna dan pola karena dipengaruhi oleh Kondisi sejarah mereka yang berada di pesisir. Ciri masyarakat pesisir terutama di pekalongan yang mudah beradaptasi baik dengan pengaruh budaya dalam maupun luar. Dulu pesisir tentu menjadi pusat perdagangan yang dikunjungi daerah lokal Indonesia maupun luar Indonesia sebelum adanya transportasi udara. Sehingga beradaptasi adalah sebuah kebutuhan untuk bisa bertahan dan berkembang.

Karena kekayaan dan keaneka ragaman pola dan warna batiknya, Tidak heran Kota Pekalongan menjadi salah satu ikon Kota batik di Indonesia dan pusat batik terbesar juga. Karena kebesaran dan keterkenalnya tidak heran batikĀ  sering dipamerkan juga hingga mancanegara sehingga batik pekalongan terkenal juga di mancanegara.

Miss Malaysia memakai batik bermotif batik parang khas Indonesia, sumber gambar : tribunews.com

Tidak heran jika banyak bangsa lain tertarik dengan Batik Indonesia ini setelah melihat pola dan warnanya yang khas, Salah satu negara tetangga Malaysia. Sempat bikin hot juga gara-gara batik ini, Karena batik parang khas jawa Yogya Indonesia tersebut pernah dipakai Miss Malysia, kemudian teman-temannya Miss Ini mengaku-ngaku bahwa itu batik asli Malaysia. Tidak heran netizen Indonesia banyak mengecam dan menjadi viral perbincangan kedua bangsa. Tetapi syukurlah Karena Batik Indonesia seperti batik Parang telah diakui UNESCO sebagai kebudayaan asli Indonesia. Jadi tinggal intropeski diri saja kalau ada yang mengaku-ngaku lagi.

Nah agar suatu saat tidak ada yang mencuri atau mengaku-ngaku batik Indenesia Lagi terutama batik Pekalongan, Batik khas yang kaya warna dan pola, Yuk kita pelejari lagi Motif-motif batik pekalongan lebih jauh Lagi. Berikut Motif-motif khas Batik Pekalongan yang terkenal

Sebelum Membahas Motif batik, Oh ya admin bahas terlebih dahulu ciri-ciri batik pekalongan yang Khas Tersebut, Apa seh kekhasanya?

  • Memakai bahan perwarna alami bernama Soga
sumber: shop.khairunnas.com

 

 

Dulu tentu pewarna menggunakan bahan alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *